Selasa, Oktober 20, 2009

Aku dan Alam Ini


Mungkin matahari begitu marah pada bumi, hingga panas amarahnya terasa membakar tubuh. Meski hari itu masih jam tujuh pagi, namun sengatnya telah masuk ke celah-celah jaket dan membuat tubuhku banjir keringat. Global warming telah membuat kita tak mampu lagi menikmati kesejukan pagi. Ini adalah salah bumi yang seenaknya menebang serta membakar hutan tanpa henti dan tanpa regenerasi. Kemanakah kesejukan alamku pergi?

Mungkin burung, kodok dan jangkrik marah pada bumi, hingga mereka bersembunyi entah di mana. Tiap hari kucari suaranya bernyanyi, tapi yang kudapat hanya sunyi. Sejak persawahan berganti jadi perumahan, burung, kodok dan jangkrik menjadi makhluk yang susah ditemui, padahal aku sangat rindu pada suara mereka bersenandung. Kini alamku terasa begitu hampa. Ini adalah salah bumi yang merubah persawahan yang luas menjadi perumahan yang gersang. Kemanakah nyanyian alamku pergi?

Mungkin air marah pada bumi, sehingga berbondong-bondong mereka menyerang, menyergap dan membuat manusia panik pada bencana banjir. Bukan cuma harta benda yang lenyap, tapi nyawa orang tercinta pun ikut terenggut. Ini adalah salah bumi yang membuang sampah sembarangan dan menebang pepohonan penahan air tanpa henti. Kemanakah gemericik air sungai yang tenang di alamku pergi?

Mungkin anak-anak marah pada bumi, sehingga mereka mengurung diri di rumah dan bermain play station. Padahal dulu mereka berjingkrak, berkejaran dan meledak dalam tawa di lapangan rumput yang luas. Ada banyak permainan di sana, sepakbola, galaksin, kasti, enggrang, petak umpat, petak jongkok, petak batu, dampu gunung, taplak, lompat tali dan memanjat pohon. Tapi kini semua sibuk pada permainannya sendiri. Anak-anak menjadi individual, tak kenal permainan tradisional yang sebenarnya sangat bermanfaat mengajarkan anak menjadi kreatif dan mampu bersosialisasi dengan baik. Dalam permainan tradisional itu, anak-anak diajarkan bekerja sama dalam team, berjuang mencapai kemenangan dan menerima kekalahan. Dalam permainan modern seperti play station, maka pelajaran tentang arti bersosialisasi ini tidak akan didapat. Ini adalah salah bumi yang mengambil alih lapangan rumput yang hijau membentang, menebang pohon-pohon besar yang rindang dan merubah lahan itu menjadi pabrik kecap yang menambah polusi dan limbahnya mengotori bumi. Anak-anak tidak punya tempat bermain, kadang mereka harus menggunakan jalan raya untuk bermain bola dan layang-layang. Sungguh mengenaskan. Kemanakah gelak tawa alamku pergi?

Siapa yang patut disalahkan??? Semua orang merusak alam untuk kepentingannya sendiri. Mereka punya uang dan kekuasaan untuk merubah bumi menjadi apa yang mereka mau. Tinggalkah aku sendiri menangis dan merengkuk tanpa daya. Ingin rasanya aku mencegah mereka menebangi pohon-pohon di hutan atau memaksa mereka menanam kembali pohon-pohon baru, tapi apa dayaku??? Ingin rasanya aku berkacak pinggang mempertahankan hamparan sawah yang luas dengan kicauan burung, suara jangkrik dan nyanyian kodok, tapi apa dayaku??? Ingin rasanya aku menghajar mereka yang sembarangan melempar sampah ke kali dan memaksa mereka membersihkan sampah-sampah yang membendung, tapi apakah dayaku??? Ingin rasanya aku mempertahankan lapangan rumput tempat aku dan anak-anakku menghabiskan waktu sorenya dengan bermain gembira, tapi apakah dayaku??? Seandainya aku punya daya, maka akan kubeli bumi ini, kujadikan asri dan lestari demi kelangsungan hidup generasi di bawahku kelak.

Tapi apa dayaku????

Aku lemah tak berdaya. Aku pecundang, bodoh dan cacat. Aku hanya bisa menangisi kehancuran alamku pada tempat persembunyianku. Aku hanya berani mengungkapkan kepedihanku pada goresan naskah ini. Semoga suatu saat akan tampil orang-orang yang lebih berani untuk menyuarakan kepedihannya, untuk membangkitkan para pecundang bodoh seperti aku agar mampu berteriak lebih keras.

Selamatkan bumiku....

36 komentar:

  1. Heal the World, make it better place ...

    Mari sembuhkan bumi ini, sobat!!!

    BalasHapus
  2. Naaaaah, ini neh, aku setuju bgt ma tema tulisanmu kali ini, Den. Ada beberapa hal yg bs kita lakukan utk ikut menyelamatkan bumi, hal2 yg sepele tp manfaatnya besar.
    Dan yg plg penting, mulai dr diri sendiri, mulai dr hal yg kecil, dan mulai saat ini jg :)

    Save the earth!! :D

    BalasHapus
  3. Heal the world....
    Make it better place.....

    (lanjutin yach nyanyinya, hehehehe :p)

    BalasHapus
  4. dimulai dg nanem pohon yg sejuk, kalo bs c berbuah.. kan enak bs rujakan... bis ntu buang sampah jgn sembarangan..
    trs... misahin sampah yg bs di daur ulang...
    menghemat p'gunaan listrik dan air, trus beli kendaraan bebas polusi, gmn btul ga?? hee

    --
    tp opsi yg terakhir blm bisa saya hiks.. hehehe
    mongtor saya msh berpolusi ^^

    BalasHapus
  5. @ Babby, For you and for me and the entire human race. yihiiii

    @ Jill, nah syukur deh lo ngerti Jill, berarti mulai besok jangan poop di sungai lagi yha. polusi... Nggak baik buat ekosistem sungai

    Piss piss piss!!! *Siap deh gue digantung Jill* :D

    @ Mel, untung udah ada babby yang bantuin aku nyanyi...

    @ Chiaki, hahahahha, kayaknya kamu lebih pakar neh. So berarti semua orang di dunia harus punya pohon jambu, mangga, kedongdong, pepaya, ubi merah, gowok, lobby, bangkuang dan pohon asem... Yummmyyy

    BalasHapus
  6. Wakakaka...husss.....jgn buka rahasia eike duong Den...eike jd ga konsen nih, jd ga keluar khan hihihi

    *ngasah pisau bwt DeNi :))

    BalasHapus
  7. kalo dah jadi rujaknya kirim ke surabaya yaaaakk..loohhhh ni jadi rujakan apa bumi2an hehhehehe

    BalasHapus
  8. yang paling aku sebel ya.... kalo liat orang buka jendela mobil trus dengan muka lempeng buang sampah aja gitu seenak2nya, tisulah, botol air minerallah.

    mobilnya mobil mahal pula, yang harusnya merepresentasikan keintelektualitasan dia dong ya.

    we owe this earth to our children you know.. huh geram aku..

    BalasHapus
  9. There are people dying if you care enough for the living, make better place for you and for me.
    Yuhhuu... Ayo karokean sama-sama Kak De Ni dan Kak Mel. Hehe

    BalasHapus
  10. @ Jill, poop aja kok pake konsentrasi Jill?
    *ngasah golok buat Jill*

    @ Arinie, boleh mbak nanti aku kirim rujak plus donatnya.
    Tagihan Anda 150 ribu!!! eits nggak boleh ngutang loh

    @ Rigby, emang bener tuh...
    Dulu pernah ada orang buang plastik bekas minum yang masih ada airnya ke jalan. Langsung tumpah dan kena celanaku.
    huh! padahal aku dah keren banget tuh....

    @ Babby, Asiiik karokean
    siip siip siip
    gimana suaraku Bab?

    BalasHapus
  11. Keren ... Sampe bikin aku 'merem melek' lho ngedernya *tepuk tangan buat Kak De Ni* hahahaiii...

    BalasHapus
  12. teteuup ya dennn, biar issuenya masalah lingkungan, lo selipin kenarsisan lo...

    BalasHapus
  13. haha!~_~...
    babby ,kao karoke kok ga ajak2 aku? pinter ya.. huahua...
    Hallo Kak deni
    Hallo Kak mel..hehe....
    apa khabar tante2? >_< sudah lama tak bersua..*SKSD mode on* hehe..
    Kak deni.., Berminat jadi megawati ga? hehe..,
    bsk2 kalo ada pemilu, jgn lupa daftarin diri ya! mana tau terpilih.^_^
    Then.., a world of peace will be coming soon..
    wuhuuu...*happy ending*..
    --a---a---
    aku lum selesai!.. wuhu..google account rusak TT...

    ---tere_liem-

    BalasHapus
  14. ada yang udah panen pohon'a?? cihuy juga rujak party sambil karaokean... hehe ^^

    BalasHapus
  15. @ Babby, yihiiii. Tapi kamu merep melek kenapa ney, jangan2 karena mau pisan???

    @ Rigby, iya neh, kalau nggak narsis badan gue suka pada gatel2 gitu...

    @ tere_liem, hai hai hai juga...
    loh kamu temannya Babby toh?
    iya neh, dukung yha... pilpres selanjutnya aku bakal calonin diri deh jadi ketua RT... loh?

    @ Chiaki, hahahahaha. Abis karokean pada rebutan ke toilet dah...

    BalasHapus
  16. Hai hai nya pake berapa tgn den? hehehehe..
    Bukan hya teman...tapi.....
    babby uda jadi babby qu haha
    yayayayaya ga bab? haha*narsis mode on*haha..
    Hayooo~ semuanya keluarkan suara kalian..
    karoke sama2 bareng babby,kak mel,and kak deni..hehehe~...
    mari semua nya~ dukung deni...hehe..
    siipppp...sipp.haha. aku tggu kbr nya ya . dan pasti aku dukung deni 100 %..hehe
    hahahahahhahahah~...toilet di rebut.~ pintu rusak..,akhir na ga ada satu pun yg jadi pipis~ ngompol dech..haha...kembali ke masa kecil...

    -Tere_liem--

    BalasHapus
  17. LIKE THIS banget ka!!
    Tapi gimana atuh?

    BalasHapus
  18. Hahahaha... Aku kok jadi malu ya, kalo bahas yang merem melek, jadi kefikiran sesuatu neh...Kwkakakak..

    @ Tere, maaf ya nggak ngajak kamu karokean, abis kamu make up'an nya kelamaan sih, hahaha *becanda*
    lain kali nanti kita karokean bareng ya, nyanyi lagu Band Ungu yang ' Dilema cinta', kamu tau gak lagunya? Hahaha pasti tere nggak tau deh. Kwkakakak..

    BalasHapus
  19. @ Tere, babby jadi babby kamu. Maksudnya babby yang disusui atau babby menyusui neh? hahahhahaha. ups!!! sensooor!!! masih kecil yha kalian...

    @ Gy, nah maka itu gy, gimana yha???

    @ Babby, sesuatu apa yha? kalau aku malah mikirin orang yang dikorekin kupingnya pake bulu ayam. Nah merem melek kan dia???
    Hm... keliatannya adik, kak De Ni ini sudah dewasa yha???

    BalasHapus
  20. Akupun ngebayangin hal yang sama kayak Kak De Ni, hahaha *Ngeles Mode ON*
    Aku udah dewasa? Mungkin ini efek samping Tulisan kak De Ni yang itu lho kak, andai bulan bisa ngomong.. yihhiiii....

    Aku masih tetap adik kecil yang manis kok Kak... Ntar kalo dibilang dewasa, aku takut cepet tua dan keriputan, hahahahaha

    @ Tere, aih.. aih.. ditanyain kak De Ni tuh ,Aku babby yang disusui atau yang menyusui? Lekas, kita pasang muka 'sok polos kita, hahaha pura-pura nggak ngerti yuks. kwkakakak...

    BalasHapus
  21. @ Babby, ya ampun ternyata tulisan itu memmiliki dampak buruk yha???? Hahhaahahha
    Kalian mau pura2 nggak ngerti??? ck ck ck ck...

    BalasHapus
  22. Dampak buruk?? Nggak kok, malah jadi informasi yang berguna buat aku, cielah.... tentunya untuk hal yang satu itu. Maksudnya, dalam hal itu lho kak , 'ngorek kuping sampe merem melek' kwkakakak... *Ngeles Aja ah*

    Mau pura-pura gak tau ,kok bilang-bilang ya... Salah rumus nih, hahahaha

    BalasHapus
  23. Ko' abis baca tulisan ini bawaannya pengen nanem pohon ya???
    *pura-pura ngalihin topik pembicaraan, pura-pura gak baca komen2 sebelumnya tentang merem melek ama tulisan yang ada bulannya*

    BalasHapus
  24. dENI:haha Jgn salah om..deni~ ^^
    kecil2 gini..,.~pikiran kami udah matang loh heheheh~.(tapi masih belum tahap dwasa bgt sich)
    haha~~ kalo om deni jadi aku, pilih ya mana babby menyusui atau yg di susui? why? no sensor2..~ haha~...
    Setuju Sama babby~ ,bener tuh. terlalu dewasa jg ga bagus~.., ..hehe..
    kak deni.., aku boleh daftar jadi adik mu? hihihihi...


    Bab: haha~ dewasa? babby udah mule berkembang.donk..hehe~..
    Bab, kalo tkt keriput and tua~..
    pernah minum alpokat juiceee bab? kalo blum, kapan2 di coba y~..hehe.., awet muda loh minum juice itu.., di itung2 sekaligus bikin qmu ndut.~ck ck ck
    udah muda, tmbh muda~
    udah mudaa, cakep pulakkk~
    udah cakep, cool pulakk..
    udah cool, machoo pulakk~....haha
    Loh, bab~ kamu hobi maaf2 an ya? perasaan sjk chatting ma qmu~ byk kata maaf nya` wkwkw~..., grogi ma tere ya? hayo? ngaku?
    i wanna make up right now nananana..
    i wanna make up right now nananana..
    hu uh~...aku kan make up supaya keliatan lebih sexy~ hehe~,bukan nya penampilan sgt penting buat kita ..,gmn sich bab? lupa ya.haha~laen x awas aja ga ngajak2..,ku perkosa u~ haha peace bab~.
    enak aja`. baby sok tau ya..haha
    aku dah prnh dgr loh lagu dilema cinta itu.
    Lagu nya menusuk bgt~..terharu..~ hampir bikin aku nangis hehe
    cuma agak susah nyanyi nya~..hehe..
    babby oon, pasang muka sok2 polos lebih baik daripada pura2 ga ngerti~ hahaha~ kan ketauan sama kak deni kalo kita itu *NGOTA*..zzzzz,
    PS: bab~, nanti ol yahoo~. Jangan lupa pgl aku~! di buzz aja dech~..haha.. aden mo lalokk dulu~..ngantuk huamz..ok ok,hehe

    --tere-liem--

    BalasHapus
  25. @Babby, ya ampun masih pura2 juga yha???

    @ Ri, iya neh kok bisa ngaco yha... Gara2 dua bocahku ini loh Ri. Si babby dan tere yang sebenernya masih cilik, tapi mau cepet2 dewasa. Hehehehe. Yuk tanam pohon...

    @ Tere, siiiiiiiiiiipppppppp, Kuterima kau jadi adikku mulai saat ini, sampai maut yang memisahkan kita. Hehehehehe

    BalasHapus
  26. Hahahaha.... Kak De Ni So tau ahh, aku udah nggak pura-pura kok. Tapi, masih belaga OON' aja. Hahahahahahaha
    eits, kak De Ni, liat deh comment Tere, dia lagi comment apa lagi pidato upacara bendera ya? Hahahaha panjang bener... kayak gerbong kereta.
    *peace Tere..Hahaha*

    @Ri, kamu mau ikutan bahas yang Merem Melek?Hahaha korek kuping tau.. Jangan ngeres ahh, hahaha (sok akrabnya aku ini)

    @Tere, bagus ya.. Panggil aku Oon, coba panggil sekali lagi aku pingin denger? Hahahaha

    BalasHapus
  27. Kak deni: Amien kak deni. hehe.asikkk..., aku di terima jadi adikmu~ kita adain celebration (bener ga ya ing nya)yukkk? heheheh~
    Niat nya sich dewasa! tapi kalo di pikir2 kalo kami dewasa~ nanti suara riuh2 kami ilang loh!! hehehehe~..sepi sepi ntar. hehe.., kami masih pgn nikmati masa 2 kecil kami bersama kak deni ...~_~...


    Babby: Emang gue pikirin!!! hahaha...
    Beneren pgn dgr? Babby super duper hiper oon~ haha~. puas kan bab? hoho~_~...
    Nah thu kamu sndiri ngaku ke kak deni~ kamu berlaga OON! so kenyataan nyaaa Babby emank*OON* hahaha

    -tere cantik(narsis)--ckckc

    BalasHapus
  28. @De Ni, hwehehehehe anak muda jaman sekarang cepat dewasa ya (Beuh, kayak ku dah tua aja..)
    ...
    ...
    ...
    ...
    Bentar, mo ngitung keriput dlu

    @Babby, hmm. Merem melek tu, menurut pengalaman pribadi, ditentukan oleh lokasi dan posisi. Kalo soal posisi itu tergantung selera masing2. Nah, lokasi itu yg penting. Pilih tempat paling pojok & paling belakang.
    Jangan kayak ku dulu yg duduk deket dosen, mo merem takut k'tauan tidur, mo melek mata rasanya beraaat banget XP

    BalasHapus
  29. @ Babby, betul tuh. Si tere jadi orang pertama yang komennya panjang di blog ini. hahahaha

    @ Tere, Boleh dirayain makan2 pecel lele tuh. yummmy

    @ Ri, so... Ada berapa kripust di wajah kamu ri?

    BalasHapus
  30. @Tere, bagus ya Loe tereak-tereak gue OON, hahahaha. Biar OON, tapi banyak yang naksir tau.... * Narsies Mode Oon, ups Mode ON*

    @Ri, kalau baca dari pengalaman kamu, aku kok ya jadi ngebayangin disekolah. Duduk ditempat paling pojok, paling belakang pula, terus kan jadi bisa Merem Melek sesuka kita,hahahaha
    kalo gurunya, nge'be-te'in ya kita tinggal merem. Ya, kalo pelajarannya seru ya kita tinggal melek, hahahaha (Dasar Anak SMA, mikirnya ngasal, hehe)

    Btw, Ri emang belum tua? Kalo Ri masih muda, gabung aja sama kita-kita di Remaja gokiel bin ngawur Club, hehe (emang ada ya?)

    BalasHapus
  31. Kak De Ni, sumpah terimain Tere jadi adik? Wahh.. Kak, makannya banyak lho. Nggak takut bangkrut? Hahahahahaha *peace Tere_liem (yang lagi ngaku cantik)*

    BalasHapus
  32. Deni & Babby: hahahaha!!!!!Pertama is the best!!!...

    Deni: hahahaha!!!!aku benar2 jadi ngiler~ hikh2.. pgn makan makanan indonesia~

    -No name- hahaa

    BalasHapus
  33. @ Babby, aku punya tekhnik sendiri untuk memberi makan dia Bab. Tere tuh cukup dibawa ke padang rumput yang hijau dan ke air yang tenang. * emang kambing?* Pisss Tere!

    @ No Name, Heh? kok jadi ngomongin makanan. Makanan Indonesia? ketoprak, gado-gado, pecel, kerak telor, bubur sumsum, atau bubur kacang ijo?

    BalasHapus
  34. Babby:Mgkn yg naksir kamu salah makan obat x yee~..., bs2 nya suka sama kamu yg oon! hahaha. Narsis oon? haha. Mari kita photo2 ya, sebelum muka di oon mu lenyap~ clickk.. hahaha
    Liat deh hasilnya: ~( ̄▽ ̄)~(◡‿◡✿)~
    Merem n melek! hahaha pelajarannya yang seru atau pelajarannya yg seru!
    Kalau pelajarannya seru, gurunya sexy? gimana dunk?bs2 tambah lebar melek ∩▂∩ mu bab.hahaha.

    Hahaha! Biarin wek wek >,<... makan banyak itu sehat loh! hidup itu harus di nikmatin say! Ga kayak yg di situ tuh yg ga doyan makan! haha

    Babby!!! kok kamu pulak yg sibuk hah? kak deni aja ga protes apo2! hahaha. Tak senang ya aku jadi adiknya? *sirik mode on* ckckckckck

    Deni: Kak deni! Ga ada peace2. mesti di hantam nich ┌∩┐(◣_◢)┌∩┐..,huahahaha!Mbek mbek.. kebetulan shio aku kambing! aku suka makan sayur dan aku suka situasi yang tenang..
    hahaha..!..pas bgt thu! haha~
    Tapi tere bukan kambing ya~ =,,=

    -tere-

    BalasHapus
  35. @ Tere, wah bener kan tebakanku. Memelihara kamu tuh nggak susah. Hehehehehe
    So Babby nggak usah kuatir yha....

    BalasHapus
  36. @De Ni, Kalo umur pohon bisa diliat dr jumlah guratan di batangnya dan kalo umur manusia bisa diliat dari jumlah keriputnya... Duh ga kebayang deh gmn

    @Babby, hahaha pengen si gabung, gimana cara daftar jd anggotanya?
    *Ko' peresaan ku g enak ya, jangan-jangan ni club ngawur lagi*

    BalasHapus